Photo Riau Tempo Doeloe

KLV001078689Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Kebudayaan Indonesia merupakan kultur  yang tiada nilainya. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Menurut Andreas Eppink, “kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat”. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Sebagai masyarakat Riau, tentu saja kita harus mengetahui perkembangan budaya dari masa kemasa. Terutama dikalangan pelajar. Tetapi dimanakah kita dapat mengintip hasanah Budaya Riau ini ? Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies melalui situsnya di http://kitlv.pictura-dp.nl/ menyediakan kumpulan jepretan photo budaya yang ada di Indonesia termasuk Riau. Situs yang berbahasa Belanda ini sangat lengkap mengumpulkan photo-photo budaya dinegara kita dari tahun 1800 sampai sekitar tahun 1930 an.

Informasi Photo apa saja yang bisa dilihat ? Photo yang tersedia mencakup budaya suku pedalaman di Riau, Rumah Adat, Mesjid dan tempat ibadah lainnya, Istana dimasing-masing kabupaten, Raja dan Sultan, dan masih banyak lagi.

Biar tidak penasaran, mari kita klik di kitlv.pictura-dp.nl. Kemudian klik Search (1) kemudian klik Tab “Basic Search”, ketikkan “Riau” (2) lalu tekan Enter.

kitlv

Kita akan disuguhi photo-photo yang diambil dari Riau, diantaranya seperti dibawah ini :

Advertisement

Comments are closed.