Keris, Wayang, dan Batik Indonesia diakui dunia

batikindonesiaIndonesia kini tak perlu lagi menghadapi pengakuan sepihak dari negara lain terkait dengan warisan budaya. Pada hari Jumat, 05 Februari Indonesia mendapatkan penghargaan dari UNESCO. Penghargaan tersebut berupa sertifikat dari UNESCO untuk kategori mata budaya tak benda. Sertifikat tersebut secara simbolis diserahkan oleh Menlu, Marty Natalegawa kepada Menkokesra Agung Laksono yang diteruskan ke Menbudpar Jero Wacik. Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan di Kantor Menko Kesra, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakpus, Jumat (5/2/2010).

Perjalanan panjang diakuinya budaya Indonesia oleh UNESCO dimulai pada tahun 2003. Pada tanggal 07 November 2003, UNESCO memberikan penghargaan untuk wayang, kemudian pada tanggal 25 September 2005, UNESCO mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia. Dan pada 02 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik sebagai warisan budaya tak benda.

Dengan telah diterimanya sertifikat Best Practices, Indonesia akan memperoleh proyek elaborasi dari UNESCO untuk persiapan dari buku, film dan bahan pameran. UNESCO juga akan mengajak Indonesia road show keliling Indonesia untuk memperkenalkan batik.

Advertisement

Comments are closed.