SMK Labor Juarai Lomba Blog Hardiknas

ResnadanDavidLomba blog yang ditaja oleh Mal Pekanbaru dan PT. Telkom dari tanggal 8 s.d. 9 Mei 2010 di pusat perbelanjaan Mal Pekanbaru ternyata sangat diminati oleh pelajar SMK, SMA dan SMP terbukti dengan 100 tim peserta SMK/SMA, setiap tim terdiri dari 2 orang; paling tidak sudah 200 orang blogger muda turut ikut andil dalam lomba tersebut, sementara itu untuk tingkat SMP di ikuti oleh lebih kurang 75 tim. Peserta yang terdiri dari pelajar ini berasal dari kota kabupaten yang ada di Riau diantaranya Dumai, Duri, Siak, Pelalawan, Kuansing, Kampar dan Pekanbaru.

Antusiasnya sekolah mengirimkan peserta karena ajang ini satu-satunya lomba yang melibatkan pelajar dalam merancang blog, kegiatan ini menuntut peserta untuk kreatif dan inofatif dalam memberdayakan fasilitas yang ada pada blogspot, karena lomba ini menggunakan media blogspot untuk dikreasikan. Dengan animo yang sedemikian besarnya perlu pemerintah mulai memikirkan keterlibatan dalam menciptkan kegiatan-kegiatan kreatif yang bertemakan Teknologi Informasi terutama blog.

Dari perlombaan ini bermunculan bibit-bibit blogger muda, mereka adalah jawaranya pada tahun ini; untuk tingkat SMK/SMA:

1. Juara I SMK 1 Pelalawan, http://speedy-058-sma.blogspot.com;

juara1sma

2. Juara II SMK Labor Pekanbaru, http://malpekanbaru-087-sma.blogspot.com;

juara2sma

3. Juara III SMAN 8 Pekanbaru http://speedy-032-sma.blogspot.com

juara3sma

sedangkan untuk tingkat SMP

  1. Juara I SMP Cendana Duri, http://malpekanbaru-048-smp.blogspot.com;
  2. Juara III SMP Cendana Rumbai http://speedy-015-smp.blogspot.com;

Para juara berhak mendapatkan Piala, Sertifikat dan Uang pembinaan yang di serahkan pada malam penutupan tanggal 9 Mei 2010 di Mal Pekanbaru.

Menurut Mario, salah seorang juri dari Komunitas Blogger Pekanbaru Bertuah melalui  Yahoo Messenger “peserta harus banyak menyelami blogspot…” hal ini di karenakan kebanyakan peserta belum memahami komponen dan tool yang ada pada blogspot.

Dengan keberhasilan 2 orang siswa SMK Labor pada lomba tahun ini, maka mengukuhkan untuk yang ke-2 kali Komunitas Blogger SMK Labor mampu unjuk kemampuan bersaing dalam bidang Teknologi Informasi. Menurut Oki Helfiska salah seorang guru pembimbing lomba blog ini “keberhasilan anak-anak tidak terlepas dari dukungan orang tua dan seluruh guru di SMK Labor, yang telah memberikan motivasi yang sangat berarti bagi mereka.”

Dari 9 tim SMK Labor yang mengikuti lomba hanya 1 tim yang berhasil menjadi pemenang, “hal ini harus di jadikan pemicu bagi tim lain untuk di tahun-tahun mendatang! dan kita akan menyiapkan siswa untuk lomba-lomba mendatang agar bisa menjadi nomor satu” tambah Oki.

Tim yang menjadi pemenang pada tahun ini terdiri dari Muhammad Resna Riski Pratama dan David Anggi Angriawan kelas X Teknik Komputer Jaringan. “Tidak sia-sia belajar ngeblog selama ini. Kami berterima kasih kepada Guru-guru kami yang selalu memberikan dorongan dan tugas-tugas melalui blog.” ujar Resna. Komentar serupa juga diucapkan oleh David, “Tugas melalui Blog sangat membantu kami dalam mencapai prestasi ini, karena bisa mempelajari seluk-beluk blog”, ucapnya.

Pada kesempatan lain, Jeffri Hunter wakil kepala bidang humas SMK Labor yang kami konfirmasi melalui telepon; membenarkan bahwa siswa SMK Labor meraih Juara II, dan beliau berharap bahwa pada tahun-tahun mendatang juri harus melakukan proses penilaian secara total termasuk penggunaan teknolgi scripting terkini agar peserta lomba mampu update, melihat blog sebagai sebuah kesatuan tidak melihat sepotong-sepotong karena perkembangan teknologi web sudah sangat amat maju; desain, konten, asesoris, tool pendukung dan keselarasan disain dengan tema serta kenyamanan pengunjung blog perlu menjadi pertimbangan, secara kesuluruhan penyelengaraan ini sudah baik, “saya merasa bangga kepada anak-anak peserta lomba, mereka mampu mempertahankan bahkan prestasi mereka meningkat dari tahun lalu; tahun lalu kita hanya mendapat juara III” ujar beliau menambahkan.

Di harapkan Mal Pekanbaru dan PT. Telkom sebagai penyelenggara dapat menjadikan kegiatan ini sebagai kegitan rutin.

Advertisement

Comments are closed.