SMK Labor Jalin Kerjasama dengan Pusat Bahasa

SMK Labor siap laksanakan UKBI

ukbidaringUji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) ini bertujuan untuk mengevaluasi kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia, baik tulis maupun lisan. Dengan UKBI seseorang dapat mengetahui mutu kemahirannya dalam berbahasa Indonesia tanpa mempertimbangkan di mana dan berapa lama ia telah belajar bahasa Indonesia. Sebagai tes bahasa untuk umum, UKBI terbuka bagi setiap penutur bahasa Indonesia, terutama yang berpendidikan, baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing. Dengan UKBI, instansi pemerintah dan swasta dapat mengetahui mutu karyawan atau calon karyawannya dalam berbahasa Indonesia.

Sebagai pusat UKBI di Pekanbaru, sejak tahun 2006 SMK Labor telah menyediakan ruang komputer dengan sistemnya yang dibuat oleh UKBI, teknisi/operator, dan adanya lembaga bidang bahasa.

Sebagai gambaran, Materi soal UKBI diejawantahkan dari materi-materi penggunaan bahasa Indonesia lisan dan tulis dalam ranah-ranah komunikasi tersebut. Dalam penggunaan bahasa Indonesia lisan, UKBI mengukur keterampilan reseptif peserta uji dalam kegiatan mendengarkan, kegiatan berbicara, kegiatan membaca dan kegiatan menulis. Selain menekankan pengukuran terhadap empat keterampilan berbahasa tersebut, UKBI juga mengukur pengetahuan peserta uji dalam penerapan kaidah bahasa Indonesia. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca disini.

Dan bagi para siswa/siswi SMK Labor Pekanbaru juga dapat mengikuti UKBI ini. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu, Semenjana untuk tingkat 1, Madya untuk tingkat 2, dan Utama untuk tingkat 3. Ini diselenggarakan tiap tahun, pada akhir semester genap. “Pada tahun ini ada dua orang siswa yang tidak lulus UKBI”, tutur Waka Humas SMK Labor. Proses kerja UKBI nantinya adalah pemberian materi dan tes kepada para pelajar, dan untuk orang-orang yang tidak sekolah, dapat diberi bimbingan.(RH)

Advertisement

Comments are closed.