Komunitas Blogger SMK Labor Ikuti Lomba Blog

20090510lombablog200103Pekanbaru-Mading Labschool,  Berkembangnya teknologi informasi dan banyaknya terbentuk komunitas-komunitas blogger  perlu diapresiasi dengan baik. Pemanfaatan blog tidak lagi terbatas pada kalangan mahasiswa tetapi  sudah merambah ke semua kalangan, siswa SD, SMP dan SLTA tidak asing lagi dengan istilah blog.

Mal Pekanbaru, PT. Telkom Riau daratan mencoba untuk mengapresiasi  perkembangan ini dengan mengadakan lomba desain blog pelajar tingkat SMP dan SLTA. KOMUNITAS BLOGGER SMK LABOR turut perpartisipasi dalam kegiatan ini; dengan mengirimkan 9 tim yang berjumlah 18 orang terdiri dari siswa tingkat 10 dan 11 Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Peserta : Agung Kharisma Putra, Agusri Darlis, Kaspa Yobel, Tirto Endra Kusumo, Gusti Randi, Robby Usman, Marda Ara’uf, M. Resna Rizky Pratama, David Anggi, Arfan Affandi, Roy Satrio, Riski Ade Sumantri, Alem Sa’adi, Dimas Suwendo, Alexander PDG, Dean Juliano, Harival Tipani.

Menurut Oki Helfiska; siswa yang diikutkan pada lomba ini adalah siswa yang telah lolos seleksi di tingkat sekolah dari 62 siswa tingkat 10 dan 11 TKJ, mereka hanya diarahkan sesuai dengan potensi dan kemampuan serta kreatifitas pribadi mereka; dan menurut oki peserta ini sudah terbiasa dengan blog karena seluruh siswa TKJ wajib memiliki blog pribadi, yang digunakan untuk mem-posting tugas-tugas sekolah.

Pada tahun 2009 KOMUNITAS BLOGGER SMK LABOR mengikut sertakan 10 tim pada kegiatan lomba yang sama, dan berhasil meraih juara 3, pada tahun ini kita berharap ada lagi siswa yang bisa meraih kemenangan dari ajang lomba ini ujar Oki.

Senada dengan Oki, M. Tarmizi selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan; bahwa budaya nge-blog menjadi kebiasaan semua siswa SMK Labor dan di tahun mendatang SMK Labor tidak hanya di wakili oleh siswa program keahlian TKJ; berkenaan dengan lomba ini Tarmizi berpendapat bahwa perlu sesering mungkin untuk mengadakan lomba dan mengacu kepada suatu standar yang lebih spesifik; contohnya lomba ini menggunakan template yang sama, dan template ini yang di modifikasi sesuai dengan kreatifitas siswa sehingga standar penilaian dapat terukur dan banyak hal lain lagi yang mungkin dapat di kembangkan seperti meminimalkan penggunaan script yang bukan buat
an sendiri.

“Penyelenggaraan lomba lebih baik daripada tahun lalu; panitia penyelenggara lebih siap dan aturan-aturan lomba lebih jelas”, menurut Arauf (salah seorang peserta lomba). Lomba ini juga dapat menambah kepercayaan diri untuk mampu membuat desain blog dan dapat menjadi ajang saling tukar informasi antar sesama peserta lomba, tambah Arauf.

Semoga kegiatan yang di laksanakan oleh Mal Pekanbaru dan Telkom ini menjadi kegiatan rutin dan berkelanjutan sehingga dapat perperan aktif dalam pengembangan Komunitas Blogger Kota Pekanbaru.

20090510lombablog200101 20090510lombablog200102

Advertisement

Comments are closed.