Dampak Internet Bagi Pelajar

© Erig RolandoApa sih internet? bisa dibilang gaptek kalau hari gini belum tahu internet. Internet mungkin udah ga asing lagi bagi masyarakat Indonesia soalnya pengembangan internet di Indonesia cukup sukses terlihat dari banyaknya  warnet (warung internet) yang berada disemua kota besar di Indonesia sampai-sampai didaerah desa pun internet sudah dapat dirasakan, ditambah lagi internet melalui handphone seluluer.

Internet bukan hal asing lagi bagi masyarakat Indonesia, digunakan oleh banyak keperluan seperti keperluan pribadi, organisasi, sampai keperluan dinas pun menggunakan internet.  Di Indonesia sendiri sudah banyak sekolah-sekolah yang memanfaatkan internet sebagai sarana penting dalam kegiatan pembelajaran. Dengan semakin banyaknya orang yang memerlukan informasi setiap hari, membuat internet menjadi bagian kebutuhan sehari-hari mereka.

Internet sendiri memiliki banyak manfaat terutama dalam proses komunikasi dan penggalian informasi , apa lagi bagi pelajar-pelajar yang akan mengerjakan tugas dan mencari informasi lainya. Sebab internet sendiri menyediakan informasi dari seluruh dunia sehingga banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dari internet itu sendiri. Dan bagi pelajar yang ingin mecari buku juga dapat mencari tutorial diinternet karna banyak toko buku online.

Tapi dibalik dampak positif yang ditimbulkan internet ada juga dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet seperti ada seorang siswa yang lebih memilih ke warnet dibandingkan berangkat ke sekolah. Ada juga pelajar yang dengan sengaja membuka situs-situs 18 tahun keatas, yang dapat mengakibatkan moral pelajar rusak. Dan yang terbaru ini adanya penculikan melalui jaringan pertemanan yang korban kebanyakan seorang pelajar.

Mungkin ini baru sebagian kecil dampak dari adanya internet, tapi semua itu tergantung kita menjadi seorang pelajar dan tak lupa peran orang tua dalam mengawasi anak agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang tidak baik.

(YS)

Advertisement

Comments are closed.