Catatan Kecil dari Peluncuran SIS-LO

sis-loSuatu ketika di tahun 2007 ada seorang tenaga marketing dari sebuah perusahan teknologi informasi dari Jakarta yang menawarkan aplikasi sistim informasi sekolah menemui kepsek; mencoba untuk menawarkan aplikasi tersebut digunakan di SMK Labor, namun saya sangat paham kebiasaan pak Hendri (kepsek); Beliau tidak akan pernah semerta-merta menerima/membeli aplikasi yang berkenaan dengan teknologi informasi. “Apa kita tidak bisa membuat aplikasi seperti itu?” kata beliau kepada teman-teman yang mengajar di TKJ, sesaat kemudian terjadi perbincangan dan diskusi

Bagaimana sebuah sistem informasi sekolah itu dapat berjalan sesuai kebutuhan dan bagaimana teknis membuatnya; dari perbincangan dan diskusi kecil inilah yang menjadi pemicu semangat untuk mulai merancang aplikasi sistim informasi tersebut.

Prototype sistem ini mulai di ujicoba pada tahun 2008 bulan juni, kita sangat menyadari bahwa masih banyak kelemahan dan kekurangan pada sistem yang pada saat itu baru berfungsi untuk pengolahan dan pencetakan lembaran hasil belajar siswa (rapor) dan kartu hasil studi. Dalam tahap awal ini permasalahan yang coba di atasi oleh sistim ini memang hanya bagaimana teman-teman Wali kelas tidak lagi menulis rapor dan pengolahan nilai tidak lagi harus bolak-balik ke kalkulator, saya dapat merasakan; betapa beratnya teman-teman walikelas memproses 80-100 nilai dalam 1 semester, belum lagi penggunaan rumus yang beragam antara mata pelajaran produktif dan non produktif.

Pada bulan Januari 2009 sistim informasi ini muncul dengan versi perdana (v.1.0) dengan beberapa perbaikan dan penambahan fasilitas, diantaranya proses pencatatan piket, pencatatan pelanggaran, presensi siswa, dan analisis pencapaian kompetensi siswa. Namun kekurangan dan kelemahan dari berbagai sisi masih sering terjadi.

Bulan maret 2009 sistem ini menjadi versi 1.1, dengan menambahkan aplikasi penerimaan siswa baru (PSB) yang direncanakan penggunaanya pada bulan juli 2009 pada saat penerimaan siswa baru SMK Labor.

Setelah penerimaan siswa baru sukses dilaksanakan dengan mengunakan sistem ini, maka pada bulan agustus 2009 versi 1.2 dengan menambahkan halaman pribadi untuk siswa, sehingga sistem ini kemudian menjadi sistem layanan mandiri siswa; dimana siswa dapat melihat dan memantau perkembangan dan aktifitas pembelajarannya secara pribadi dan periodik, karena masing-masing siswa memiliki account untuk mengaksesnya.

Pada bulan januari 2010 sistem ini berubah versi menjadi versi 2.0. Hal ini seiring dengan semakin kayanya fitur dan layanan yang dapat diberikan oleh sistem, proses yang berjalan untuk melakukan analisis dengan hasil yang diharapkan sudah disesuaikan dengan SOP ISO. Di tambah lagi pada bulan februari 2010 kami mengintegrasikan SMS Gateway pada sistem ini sehingga layanan ini mampu melibatkan orangtua sebagai target pelayanan informasi.

Kekurangan masih dirasakan disana-sini namun aplikasi ini menjadi kebanggaan SMK Labor, dengan kemampuan yang dimiliki pengumuman kelulusan pun dilakukan menggunakan SMS Gateway ini dan berhasil dengan baik.

Aplikasi tangguh ini kami beri nama SISTIM INFORMASI SEKOLAH – LABSCHOOL ONLINE (SIS-LO), kami mengucapkan terimakasih atas dukungan; Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru; Drs. H. Yuzamri Yakub, yang telah meresmikan penggunaan SIS-LO pada tanggal 21 April 2010 di Hotel Furaya Pekanbaru, Kepala SMK Labor Pekanbaru; Drs. Hendripides, M.Si yang telah memberikan dukungan penuh, Ketua Komite Sekolah; Drs. Alfian Djoeremie, MM yang telah memberi semangat dan motifasi dan seluruh tim; M, Tarmizi, Oki Helfiska, T. Khairil, M. Addinillah, Reno Paslah, siswa TKJ dan seluruh guru dan siswa yang telah memberikan masukan untuk pengembangan SIS-LO.

Advertisement

Comments are closed.